About Me

Foto Saya
just call me YEYEN or YEYEGH

About me

Followers

Mini Updates

Advertisement

Advertisement

online counter

Now

blogging competition compfest 2011

Minggu, 23 Januari 2011

Iklim pun Plin Plan


Tak sempat Indonesia bernafas dan tersenyum senang, ada lagi masalah yang menimpa. Rasanya masalah tak kunjung berakhir, terutama masalah perubahan iklim yang kini banyak disoroti oleh publik.

Nampaknya iklim kini mulai plin plan. Bagaimana tidak, hujan dan panas terkadang bercampur jadi satu, terkadang panas yang menyengat tiba-tiba hujan deras. Tak hanya itu, angin sepoi-sepoi bisa berubah menjadi angin kencang yang menelan banya jiwa. Sebenarnya apa yang terjadi pada ikilm saat ini? Se-klimaks itukah perubahan iklim saat ini? Siapakah penyebabnya?

Banyak anggapan bahwa perubahan iklim terjadi karena alam dan juga karena usia bumi yang kini sudah sepuh. Tapi setelah saya pikir, tidak sepenuhnya alam dan usia bumi adalah penyebab perubahan iklim.

Seorang anak kecil diberi kasih sayang, dirawat dan dijaga, tentunya ia tidak akan menangis. seorang nenek tua yang kita rawat dengan baik dan kita beri kasih sayang, pastilah ia tidak akan sakit-sakitan dan bersedih. Pun sama dengan Alam dan bumi yang saya analogikan seperti anak kecil dan nenek tua. Alam tidak akan marah bila kita menjaga dan merawatnya, nenek tua pun akan tetap sehat jika kita merawatnya dengan baik. Dari analogi di atas, jelaslah bahwa manusia adalah penyebab yang dominan dari perubahan iklim.

Secara langsung memang kita tidak merasa merusak alam, namun secara tidak langsung sebenarnya hampir setiap manusia melakukan usaha perusakan alam dalam skala yang sangat kecil sekali. Tetapi meskipun kecil, tidakkah bisa menjadi besar akhirnya?

Tanpa kita sadari, usaha-usaha itu berlangsung dalam keseharian kita. Misalnya, membuang sampah sembarangan. Kelihatannya memang simple sekali, tapi kesimple-an inilah yang menjadi pendonor bagi terciptanya gas metana. Belum lagi kalau sampah plastik yang dibakar. Beralih ke bidang lain. Peternakan. Mau tidak mau sebuah peternakan pasti ada kotoran hewannya. Nah, kotoran hewan inilah yang nantinya menjadi bibit-bibit terkumpulnya gas metana. Pun sama dengan kendaraan-kendaraan bermotor di jalan dengan knalpotnya yang menghembuskan CO, gas yang mematikan dan pastinya menjadi penyuplai terbesar dalam polusi udara, tanah dan air. Beralih ke salon kecantikan. Hair spray, sebuah tabung berisi zat entah saya tidak tau namanya yang pastinya akan menghasilkan CFC (Cloro Fluor Carbon) yang dapat membuat lapisan ozon berlubang. So, kalau berlubang panas matahari akan dengan mudah saja menerobos atmosfer bumi, sehingga panas di bumi meningkat.





Dari sekian panjang celoteh saya, ujung-ujungnya adalah GRK, yaitu Gas Rumah Kaca. Zat-zat yang saya sebutkan di atas seperti CO, CO2, metana, dan CFC adalah komponengas rumah kaca. Zat-zat yang berwujud gas itu tadi naik ke atas dan membentuk sebuah payung. Payung tersebut bisa ditembus oleh sinar matahari, tapi panas yang terpantul oleh permukaan bumi tidak bisa diteruskan ke atas karena terhalang oleh payung tadi. Dengan demikian, panas akan menyelimuti bumi dan suhu bumi akan naik.

Penyebab-penyebab perubahan iklim di atas tentunya menimbulkan dampak yang merugikan. Seperti












Bila melihat realita seperti itu, tidakkah pintu hati kita terketuk tuk merubah pola hidup dan perilaku kita dalam mengurangi perubahan iklim sedikit demi sedikit. Janganlah memikirkan kesenangan belaka yang sifatnya semntara bahkan akan merugikan kita, tapi pikirkanlah masa depan kita, anak-anak dan cucu kita. So, save our earth for our future!

29 komentar:

Foto kanker kulitnya bikin ngeri....

Banyak sekali dampak dari perubahan iklim ya...?

atau alam mulai enggan bersahabat dengan kita? coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang? hehehehe, makasi infonya ya? salam kenal :)

kalau tidak dari sekarang kita selamatkan bumi,mau kapan lagi...

oya,coba saja ka sandingkan smadav nya dengan avast...
info lebih lanjut klik link ini ka..

http://sibutiz.blogspot.com/2011/01/free-download-avast-anti-virus-favorit.html

ayoo kita sukseskan program Go Green ! hihihi

Saya setuju dengan analoginya..
Memang iya.. saya juga kadang bingung dan bertanya, sebenarnya musim apa sih? bentar hujan deras, bentar panas menyengat...
Bumi memang sudah tua tapi kita juga kurang memeliharanya :)
Semoga kita terlepas dari amarah bumi..

yang pasti, mari kita cintai dan lindungi alam ini..... " Go green..."

gambar kanker kulit sama hewan punahnya serem..

smoga makhluk bumi bisa cepet sadar dan merawat bumi dengan baik..

Bumi juga butuh kasih sayang kita....

banyak yg peduli tapi sedikit yg beraksi

Cuacapun menjadi moody...

Cintai bumi..jangan cuma mencintai pacarmu saja...heheheh

yaaa seperti ini lah bumi.. segera lah lakukan car free day selama 2 tahun haha

Bumi emang udah semakin gawat. Berbahaya >.<

wooo seram sekali gambar yang kangker kulit

alam meremajakan dirinya.. saat peradaban manusia sudah makin tua.. bedanya alam makin muda makin dewasa untuk merawat dirinya sendiri.. tapi manusia makin tua makin tidak dewasa

hanya ingin mengungkapkan bahwa manusia adalah pnyebab semua ini dan jangan hanya faktor alam saja yg mesti diperbaiki, faktor manusianya juga harus diperbaiki, dan saya rasa inilah yg paling penting....

semoga menang kontesnya..

memang iklim semakin tak menentu..
pemandangan banjir sepertinya sudah tidak asing lagi.. :D,,

jadi inget lagunya mekel jeksen
yang tentang lingkungan itu, lupa ane judulnya..

Ehm, Jadi ini Blog si Penulis Iklim?? keren,Sis!! Tak dukung!!!

HAdir lagi kawan, sekalian follow yang ke 21 :)

yah....mau diapa lagi...alam semakin ndak bisa diprediksi

i give you an award ..
please check @http://putriejrs.blogspot.com/2011/02/my-first-award.html

yang harus kita lakuij adalah merawat nya mulai dari dari sekarang dan tetap berdoa..
makasih ka.

hey guys i've an awards for you.. Let's check it out on my blog..

Iklim plin plan akibat ulah manusia juga kan? Dampaknya yg ngaruh banget salah satunya pada para Bapak petani (bapak saya salah satunya)

ALAM : mau d apakan aq ??? Tiadakah engkau wahai bangsa umat manusia yg sempurna sebagai kholipatuullah. Tuk memeliraku dan memberdayakan ku perintah dri yg ciptakan qu... Tapi kenapa kau lukai aq tatkala kau hidup di atas qu..

AIR : kau puja aq kala kau haus kelembutan qu.. kau hinakan aq kala aq kau keluarkan dri ragamu..

menurut w bukan alam yg plin plan, tp dr kalimat diatas bsa di ambil kesimpulan nyata,,, bahwa sesama makhluk ciptaanNYA harus saling menghargai dan menghormati..jgn semaunya sendiri...

Posting Komentar

DON'T FORGET TO LEAVE YOUR COMMENT

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More