About Me

Foto Saya
just call me YEYEN or YEYEGH

About me

Followers

Mini Updates

Advertisement

Advertisement

online counter

Now

blogging competition compfest 2011

Senin, 03 Januari 2011

KBS Sedikit Terlupakan

Surabaya, sebuah kota besar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Hampir semuanya bisa ditemukan di Surabaya, mulai dari hal-hal yang baik sampai hal-hal yang sebenarnya tidak patut (sensor.red), salah satunya yaitu obyek wisata KBS, Kebun Binatang Surabaya.



KBS adalah salah satu zoological tourism yang populer di Indonesia, terletak di jalan Setali no. 1 Surabaya. KBS pernah menjadi kebun binatang terlengkap se-Asia Tenggara, namun sejak rentetan kematian satwa-satwanya, KBS menjadi sedikit terlupakan.
Cerita eh cerita, pada liburan kemarin saya jalan-jalan ke KBS. Banyak juga pengunjungnya pada hari itu, sebagian pengunjung dari dalam Surabaya dan sebagian lagi dari luar Surabaya. Saat memasuki KBS, anda disuguhkan dengan pemandangan yang sejuk dan asri, kolam yang indah dengan beberapa monyet lucu yang bergelantungan.

Tapi bila anda masuk lebih dalam, tepatnya di bagian belakang KBS, lebih tepatnya lagi di bagian hewan kaki empat, anda melihat beberapa tempat yang kotor, selokan-selokan yang dipenuhi sampah, dan kandang-kandang yang kelihatannya tidak pernah dibersihkan. Waaaah kalau seperti itu, pengunjung pasti banyak yang resah. Pemandangan serupa juga ditemui di bagian lain, tapi saya lupa di mana tepatnya.
Dari sekelumit uraian saya di atas, rupanya KBS punya sisi negatif dan positif juga. Beberapa bulan yang lalu rentetan kematian satwa-satwa di KBS sudah ditangani pemerintah. Tapi sekarang yang jadi keluhan saya (mungkin pengunjung lain juga) yaitu pada kebersihannya. Mungkin ini terkait pada petugas KBS yang mulai melupakan kebersihan. Kalau saja KBS bersih, kandang-kandangnya tertata rapi, minat pengunjung pasti lebih besar. Selain terlupakan oleh petugasnya, KBS juga terlupakan oleh pengunjung, terumata anak-anak muda. Bagaimana tidak, mall-mall di Surabaya bisa ditemui di tiap sudut kota. Otomatis, anak muda lebih memilih nge-mall daripada ke KBS, padahal mereka juga perlu mengetahui bagaimana seluk beluknya KBS, karena mereka adalah penerus bangsa (nggak nyambung+lebay).

6 komentar:

Bukan sedikit terlupakan yen.
tapi sudah sangat terlupakan.


Salam Blogger,

putrie: ya ya ya
ayo kita ingat-ingat lagi
salam balik

Terakhir ku kesana SD, tapi sekarang cuma lewat aja di depan KBS hampir tiap hari..

byk kok kebun binatang yg terlupakan...sebenarnya itu tugas siapa ya??memeliharanya?

Walahh neng..saya malah sudah lama bangeet, gak pernah ke sana lagi...
Coba di promosikan alam wisata Jawa Timur,biar kita atau para kawula muda semua pada ingat dan tau kalau di Surabaya itu ada BonBin(kebun binatang).
Monggo di lanjutt !!

kalo inget KBS, jadi ngenes
lha wong pengurusnya bertikai tanpa henti, satwanya jadi gak dikasi makan..kurus kering menungggu ajal
kasihan kan???

KBS sungguh merana nasibnya
semakin lama semakin kotor

Posting Komentar

DON'T FORGET TO LEAVE YOUR COMMENT

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More