About Me

Foto Saya
just call me YEYEN or YEYEGH

About me

Followers

Mini Updates

Advertisement

Advertisement

online counter

Now

blogging competition compfest 2011

Jumat, 06 November 2009

Adakah yang Tobat setelah Hari Pahlawan?



Rasanya cepat sekali, perasaan baru satu tahun yang lalu Bung Tomo mengumandangkan pekikan Allahuakbar untuk mengobarkan semangat juang arek-arek Suroboyo (Bonek). Tapi sekarang sudah diperingati lagi yang namanya hari pahlawan. Tak apalah kalau begitu, yang penting cara memaknai hari besar ini dengan baik.
Bicara tentang cara memaknai, tiap orang pasti berbeda-beda. Tapi kalau menurutku, cara memaknai hari pahlawan cukup dengan beberapa rangkain kata, “Jangan biarkan ada torehan negatif pada bangsa kita ynga menyebabkan bangsa lain merendahkan kita.” Yah, itulah caraku memaknai hari pahlawan. Cukup singkat bukan? Tapi akan berdampak besar bagi bangsa kita jika mau melakukannya. Tak kalah pentingnya pahlawan kita pasti akan menangis bahagia melihat perjuangannya yang dihargai oleh anak cucunya. Tapi bagaimana bisa mewujudkan kalau pemimpin-pemimpinnya saja enggan melakukan.



Sekarang kita lihat realita di sekitar kita. Secara sadar atau tidak kita hidup bersama pemimpin yang terlihat bijaksana, berwibawa, kharismatik dan bertanggung jawab. Hingga semua itu menutupi hawa nafsu mereka yang sebenarnya meraung-raung dalam jiwa mereka. Ketika ditanya cara memaknai hari pahlawan, hari kemerdekaan dan event negara lainnya, mereka lontarkan kata-kata bualan yang panjang lebar tiada ujung. Ada yang bilang, “isilah kemerdekaan dengan hal-hal yang baik, perangi kebodohan dan keterpurukan bangsa.” Ada juga yang sibuk menggembor-gembor agar menghargai jasa pahlawannya. Sayangnya semua itu tidak pernah mereka lakukan. Bahkan sebagian dari mereka justru menambah keterpurukan bangsa Indonesia denagn KKN dan kawan-kawannya.



Bagaimanan pahlawan kita tidak menangis saaat melihat anak cucunya yang justru merusak kemerdekaan yang telah mereka rebut dari penjajah. Bagaimana bangsa lain tidak merendahkan bangsa kita kalau pemimpin dan rakyatnya berbuat yang tidak patut dilakukan. Semoga dengan hari pahlawan ini kita bisa mengangkat derajat bangsa Indonesia di muka dunia dengan memperbaiki moral pemimpin dan rakyat. Amiin . . .

5 komentar:

ckckckckckck....
glane reck blog_e....

apa yang bisa kita lakukan selain mengahargai jasa pahlawan n´ mengisi kemerdekaan??

@ putrie : trimakasih sudah mengunjungi blog saya !?!?1

ehm....
tambah ciep ja blog muw yen...
klo punya ilmu bagi" donk...!!??

Tobat??? mungkin ada kalee!!!

Posting Komentar

DON'T FORGET TO LEAVE YOUR COMMENT

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More